Monday, September 12, 2011

The End of My Holidays..

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Liburan telah berakhir, saatnya menghadapi realita, saatnya fokus untuk kuliah. Today is my last day in Bogor during this great holiday. Rencananya mau balik ke Solo tgl 10 yg lalu, tetapi dikarenakan adanya oleh sesuatu dan lain hal, diundur sampai besok.

Hmm.. badan masih terasa sedikit pegal dan keletihan yang sempat tak terasa selama di Jakarta kemarin, akhirnya menghantam juga saat ini. Yeah, jadi ceritanya, hari kamis yang lalu, saya ke Jakarta, janjian sama si V'bie ke Kota Tua, berangkat dari Bogor jam setengah 5an dan sampai di Jakarta sekitar jam 6. Pemandangan Kota Tua diwaktu malam lumayan eksotis. Lampu-lampu hias berkelap kelip di setiap pohon. Aneka jajanan dan dagangan banyak digelar. Pada kesempatan kali ini saya mencoba "Kerak Telur", kata si V'bie Kerak Telur ini adalah makanan khas Betawi,, hmmm..mari mencoba..^^ Kami memesan seporsi, dan si Abang membuatnya dengan gesit dan terampil. Aromanya menggelitik dan menggoda, tidak sabar ingin segera mencicipi.. sekitaran 5 menit Kerak Telurnya pun jadi. Rasanya,,maknyusssss!!!

                                        
                                             Suasana Kota Tua dimalam hari


                                                    Penjual kerak telur..

                                                                      
Selepas itu, kami berputar-putar menikmati suasana kota tua. Ada beberapa bangunan yang kami lihat. Di antaranya adalah Museum Wayang, Museum Fatahillah, Kantor Pos, CafĂ© Batavia dan sebagainya. Sayang, museum-museum itu tidak dapat kami masuki karena sudah tutup. Kabarnya, mereka buka dari Selasa sampai Minggu pukul 09.00 – 15.00 WIB.. Sembari jalan si V'Bie menginformasikan bahwa tempat ini kerap dijadikan lokasi syuting para artis ibu kota atau dijadikan lokasi foto-foto untuk pra wedding. Beberapa bangunan tersebut masih berdiri dengan kokoh, tetapi sebagian lagi tampak memmprihatinkan karena tidak terawat. Wah, sayang sekali padahal tempat ini merupakan bagian dari sejarah panjang kota Jakarta dan wajib untuk dipelihara sebagai aset berharga. Malam itu, rupanya kami kurang beruntung, karena kata V'bie biasanya pada malam hari sering digelar pertunjukan seni di depan Museum Fatahilla tersebut.

Puas melihat-lihat bangunan tua, kami kemudian ke arah Istiqlal untuk mencari makan. Dari Kota Tua kami naik bajaj dengan tarif Rp. 20.000. Waktu sudah lama memasuki Isya dan V'bie memutuskan untuk sholat disana. Meskipun telah makan Kerak Telur, jalan-jalan membuat kami lapar lagi. Kami agak bingung juga memutuskan mau makan dimana, samai akhirnya tiba-tiba saya teringat rumah makan yang menjual makanan khas Palembang dan juga Es Italia di sebelah Istiqlal. Ketika saya mengajak V'bie kesana, dia memekik senang. Rupanya, meskipun telah lama di Jakarta, dia tidak mengetahui tempat Es Italia itu berada. Telah lama dia mencari tempat itu, tetapi tidak ketemu-ketemu. Namanya adalah Ragusa, Es Italia. Konon Ragusa ini adalah toko es krim yang telah berdiri sejak laamaaaa sekali dan termasuk dalam tempat makan es krim tertua di Jakarta. Maka tanpa pikir panjang, kami pun meluncur kesana....(sebelumnya ke Rumah makan khas Palembang, yang letaknya persis bersebelahan dengan Ragusa..akhirnya makan empek-empek yang sesuai dilidah jugaaa...hehehe)

                                           Lokasinya disebelah Istiqlal..
Memasuki tempat ini, yang pertamakali terlintas dalam benakku adalah, nuansanya Belanda bgt. Interiornya sederhana dan mampu mengundang banyak sekali memory. Foto-foto yang digantung di keempat dindingnya, mampu bercerita banyak tentang Proses berdirinya tempat ini yang konon kabarnya telah ada sejak tahun 1932 dan juga potret Jakarta tempo doeloe. Jika datang ke tempat ini, jangan berharap akan menemukan AC. Bukan karena tidak mengikuti jaman dan tehnologi, Ragusa ini memang berniat mempertahankan nuansa tempo dulu. Tapi, jangan takut kepanasan, karena ada Kipas Angin tersedia disana.Tempat ini cukup ramai oleh pengunjung. Salah satu pengunjung yang menarik perhatianku adalah sepasang kakek nenek (si kakek memakai tongkat) yang terlihat begitu mesra. Mereka datang berdua saja, mungkin untuk mengenang banyak hal, y.. Hmm.. so sweeett... Sebenarnya saya sangat tergoda untuk memotret mereka, tapi agak sungkan juga. G papa deh, yang penting kesanya sudah abadi di hati..~Cieeee..~

                                Interior dalamnya,, so simple so nostalgic

Ada berbagai menu Ice Cream yang tersedia di sini. Semuanya adalah homemade dan terbuat dari 100 persen bahan alami dan berkualitas tinggi. Resep rahasia turun temurun yang memang sudah menjadi ciri khasnya. Menu yang dapat dinikmati diantaranya banana split, special mix, spaghetti ice cream, cassata siciliana, tutti frutti, chocolate sundae, lemon ice, cola float dan nougat.

                                Dan pilihanku jatuh pada,,,, spaghetti Ice Cream..^^


Jarum jam telah menunjukkan pukul 10 malam. Sudah saatnya pulang kerumah. Hmm.. untungnya tadi si V'bie sudah ijin pulang malam sama orang rumah. karena dengan estimasi waktu perjalanan, kami dipastikan nyampe rumah tidak kurang dari jam 11.

Maksud hati, pagi-pagi sekali saya akan kembali ke Bogor, tetapi si V'bie tiba-tiba sakit dan setelah periksa ke dokter, dia dinyatakan positif Typus. Dengan keadaan seperti itu, tidak mungkin saya meninggalkan dia. Meskipun ada Tane Ira dan Mba Eni, tetap saya tidak tega. V'bie ini susah bgt disuruh makan, jadilah kami harus keroyokan menyuruhnya makan,,,hehehehe. Alhamdulillah setelah beberapa hari bed rest, dia akhirnya sudah agak mendingan, dan saya pun bisa balik ke Bogor.

Dan sekarang sembari mengetik postingan ini, saya sedang packing-packing, karena besok sudah mau balik lagi ke Solo. Well, good by Bogor...^^. Many thx to K ATika n her husby, K Dhany untuk kebaikannya selama kurang lebih sebulan disini. Terlebih lagi untuk jalan-jalannya yang awesome bgt... Semoga kasih sayang Allah tidak pernah pergi dari hidup mereka, amiin..

 *Sayang sekali, tidak sempat ke Puncak, ke makamnya Soe Hoek Gie,, tapi, it's OK. Masih ada lain waktu, kan..?? So, See U..^^


3 comments:

.:diah:. said...

oh tidaaaaaaaaaaaaaakkkk,

1 bulan sa di JKT kemarin tapi blm sempat makan tu yg namanya kerak telor, huhuhuhuh

hikkksss hikksss (-_-)

tahun depan kita menjelajah yuukksss :D

ririn said...

waduuuh,,maknyak kemane ajeee? mungin waktunya habis buat shopping dan kopdar-kopdar..Ayukssss... jika libur tlah tiba, let's go for adventure lagi..^^

Yusran Darmawan said...

makasih atas komentarnya di blogku. saya senang jika bisa menginspirasi mbak ririn untuk segera ke US. thanks