Thursday, October 12, 2017

Some things are better remain unspoken




Aku selalu berfikir, bahwa banyak hal-hal yang sebaiknya tak kuketahui saja dalam hidup ini. Sepertinya, hidupku mungkin akan lebih tenang dengan begitu. Tak perlu ada prejudice dalam berinteraksi dengan orang lain karena kepalaku sebelumnya sudah dipenuhi dengan pengetahuan tentang si A atau si B yang begini dan begitu. Aku ingin pikiranku bisa bebas dari semua itu. Sehingga aku hanya bisa melihat sisi baiknya saja dan mungkin percaya pada sikap baik yang sedang si A atau si B ini ingin tunjukkan. Apalagi, sebenarnya aku bukan manusia super kepo dengan kehidupan orang lain.

Tetapi, hidup mengajarkan bahwa ada beberapa keadaan yang sulit kita hindari. Mengetahui suatu rahasia salah satunya. Rahasia yang lumayan kelam, sayangnya. Sehingga penilaian kita dan perlakuan kita akan berbeda kepada seseorang yang kita ketahui rahasianya itu. Apapun yang coba dia citrakan akan gagal menarik simpati kita. Pada saat yang sama, kita juga harus berpura-pura bahwa kita tidak tahu apa-apa. Menurutku itu adalah hal yang sangat melelahkan sekaligus menjijikkan.

Tapi, seperti yang kubilang tadi, ada banyak hal yang tak bisa dihindari seiring perjalanan menjadi dewasa. Mungkin aku hanya harus menata kembali sikap dan pola pikirku dalam memandang sesuatu. Tidak ada yang benar-benar hitam dan tidak ada yang benar-benar putih. Wilayah abu-abu itu nyata adanya. Semua orang datang dengan sejarah dan latar belakangnya masing-masing. Ada hal yang menjadi alasan mengapa seseorang melakukan ini dan itu. Mungkin juga itu mereka lakukan setelah menghadapi dilema dengan dirinya sendiri. Perang dengan norma dan nilai-nilainya sendiri. And who am  I to judge?

Who the hell am I to judge?


No comments: